Sabtu, 06 Juni 2009

PANDUAN PROGRAM LOMBA KARYA TULIS INOVATIF MAHASISWA JAWA TENGAH 2009




BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Pendidikan tinggi merupakan lembaga yang memproduksi lulusan
yang mempunyai sikap kecendekiawanan. Sikap kecendekiawanan
tersebut meliputi sikap sebagai penemu, pemadu, penerap, serta sebagai
pengembang IPTEKS. Untuk itu, mahasiswa yang merupakan salah satu
kelompok masyarakat ilmiah harus mempunyai ciri kehidupan akademis
yang dinamis. Kedinamisan hidup mahasiswa terefleksi dalam perilaku
dan pola pikir yang kritis, kreatif, inovatif, serta produktif terhadap
fenomena kehidupan kampus dan lingkungan di sekitarnya. Perilaku dan
pola pikir tersebut diapresiasikan dalam bentuk kegiatan ilmiah, sehingga
kegiatan itu perlu untuk dibina, dikembangkan, serta dilejitkan agar
mahasiswa mempunyai potensi akademik yang unggul dan handal
sehingga mampu dan siap untuk berkompetisi di masyarakat.
Kualitas kegiatan ilmiah mahasiswa harus ditingkatan secara optimal
dan terus-menerus sehingga perlu memperoleh dukungan dari berbagai
pihak. Berdasarkan hal ini, upaya dan langkah nyata dalam bentuk
pengayaan wawasan ilmiah, kontinyuitas pembinaan budaya akademik,
peningkatan dan pengembangan yang berkelanjutan, serta komitmen
berkarya dan berprestasi ilmiah perlu disadari dan dilakukan oleh semua
pihak, khususnya mereka yang memang merasa mempunyai jiwa dan ruh
keilmuwan.
Berkaitan dengan hal tersebut, dalam rangka peningkatan kualitas
mahasiswa dalam bidang penalaran serta berkaitan dengan otonomi
daerah, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah merasa terpanggil untuk
menyelenggarakan fasilitasi Program Lomba Karya Tulis Inovatif
Mahasiswa (LKTIM). Kegiatan tersebut diharapkan dapat mewadahi
gagasan-gagasan kreatif dan inovatif mahasiswa dalam bentuk tulisan
ilmiah.
B. Maksud dan Tujuan
Program Lomba Karya Tulis Inovatif Mahasiswa (LKTIM) ini
dimaksudkan dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif dan inovatif
mahasiswa dalam bentuk tulisan ilmiah yang menunjang pembangunan
daerah menuju peningkatan daya saing bangsa. Program Lomba Karya
Tulis Inovatif Mahasiswa (LKTIM) ini bertujuan:
1. Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah
dan mempresentasikan karya ilmiah.
89PANDUAN PROGRAM
LOMBA KARYA TULIS INOVATIF MAHASISWA
PROVINSI JAWA TENGAH
PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH
DINAS PENDIDIKAN
Jalan Pemuda No. 134 Semarang
2009
882. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyampaikan ide
atau gagasan terhadap permasalahan sesuai dengan kompetensinya.
3. Meningkatkan kepekaan dan kontribusi pemikiran kritis dan inovatif.
C. Bidang Kajian
Kegiatan ini memfasilitasi kompetensi mahasiswa dalam bidang
penalaran di Perguruan Tinggi melalui Lomba Karya Tulis Inovatif
Mahasiswa (LKTIM). Lingkup bidang kajian Lomba Karya Tulis Inovatif
Mahasiswa (LKTIM) Provinsi Jawa Tengah yang mencakupi:
1. Pertanian, Perikanan dan Kelautan
2. Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan
3. Ekonomi, Bisnis dan Perbankan
4. Perindustrian dan Perdagangan
5. Olah Raga, Seni, Budaya dan Pariwisata
6. Pendidikan
7. Keagamaan
8. Sosial, Politik, Hukum dan HAM
9. Teknologi Informatika
10.Rekayasa
11.Material dan energi
12.Kesehatan
13.Lingkungan
14.Komunikasi dan Transportasi
15.Ketenagakerjaan

D. Luaran Program
Luaran program Lomba Karya Tulis Inovatif Mahasiswa (LKTIM) ini
berupa:
1. Karya tulis inovatif.
2. Mahasiswa yang kompeten dalam menulis karya tulis inovatif
3. Kemampuan mahasiswa dalam mempresentasikan karya tulis inovatif.
90BAB II
KETENTUAN PROGRAM
A. Nama Program
Nama program ini adalah Lomba Karya Tulis Inovatif Mahasiswa
(LKTIM) Provinsi Jawa Tengah.
B. Persyaratan
Untuk dapat mengikuti Lomba Karya Tulis Inovatif Mahasiswa
(LKTIM) Provinsi Jawa Tengah harus memenuhi syarat sebagai berikut
ini:
1. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif Diploma atau S-1 Perguruan Tinggi
di Jawa Tengah.
2. Peserta dapat perseorangan atau berkelompok 2-3 orang dalam satu
Perguruan Tinggi.
3. Seorang mahasiswa tidak diperkenankan merangkap sebagai ketua
penulis pada kelompok bidang yang lain
4. Seorang mahasiswa maksimal menjadi tim pada 2 kelompok bidang .
5. Setiap peserta/ kelompok dibimbing oleh seorang dosen pembimbing.
6. Setiap karya tulis ilmiah yang dikirim disahkan oleh Pimpinan
Perguruan Tinggi (Pembantu/Wakil Rektor/Direktur Bidang
Kemahasiswaan)
C. Proses Seleksi
Alur seleksi Lomba Karya Tulis Inovatif Mahasiswa (LKTIM)
sebagai berikut ini.
91 ALUR SELEKSI BATAS AKHIR
16 Juni 2009
TIDAK Minggu III
Juni 2009




TIDAK Minggu IV Juni
2009
Minggu III Agustus 2009
Minggu III Agustus 2009
92
PENGIRIMAN
NASKAH LKTIM
SELEKSI ADMINISTRASI
TOLAK
LULUS
SELEKSI NASKAH LKTIM TOLAK
LULUS
PRESENTASI NASKAH LKTIM
PENENTUAN
PEMENANG
LOMBAD. Kriteria Penilaian
Kriteria penilaian Lomba Karya Tulis Inovatif Mahasiswa (LKTIM) yaitu
sebagai berikut ini:
1. Penilaian terdiri atas dua aspek: 1) Naskah karya tulis dan 2)
presentasi karya tulis.
2. Penilaian ini dilakukan oleh Tim Juri yang ditetapkan oleh Dinas
Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.
3. Naskah yang diterima sesuai batas waktu yang telah ditentukan akan
diseleksi dan ditetapkan untuk dipresentasikan di hadapan Tim Juri.
4. Peserta yang terseleksi akan diundang untuk mempresentasikan karya
tulisnya di hadapan Tim Juri.
5. Tim juri akan menetapkan pemenang berdasarkan hasil
penilaian naskah dan presentasi karya tulis ilmiah.
Kriteria penilaian naskah Lomba Karya Tulis Inovatif Mahasiswa
(LKTIM) mencakupi aspek:
No Kriteria Penilaian Parameter Penilaian
1 Format Karya Tulis
 Tata tulis: ukuran kertas, kerapihan ketik, tata
letak, jumlah halaman.
 Penyajian: sistematika tulisan, ragam bahasa
ilmiah, ketepatan dan kejelasan ungkapan,
2
Kreativitas dan Inovatif
Topik/Gagasan
 Relevansi topik dengan tema
 Keunikan dan Keaktualitasan
3
Kebermanfaatan/Kontribus
i
 Nilai tambah keilmuwan
 Nilai tambah kerjasama/pragmatis
 Nilai tambah dalam pemecahan masalah
pembangunan daerah
4
Data dan Sumber
Informasi
 Relevansi data dan informasi yang diacu
 Keakuratan dan integritas data dan informasi
 Kemampuan menghubungakan berbagai
data dan informasi
5
Pembahasan, simpulan,
serta Transfer Gagasan
 Kemampuan menganalisis dan mensintesis
pembahasan serta merumuskan simpulan
 Prediksi transfer gagasan dan proses adopsi
E. Jadwal Kegiatan
93 Jadual kegiatan Program Lomba Karya Tulis Inovatif Mahasiswa
(LKTIM) tahun 2009 dijadwalkan sebagai berikut ini.
No. Kegiatan Waktu Keterangan
01. Sosialisasi program Feb-Mei Pengumuman
02. Batas Penyerahan Naskah 16 Juni Cap Pos
03. Seleksi Administrasi III Juni Tim Review
04. Seleksi naskah LKTIM IV Juni Tim review
06. Presentasi naskah LKTIM dan
penentuan pemenang
III Agustus Tim Review
Keterangan: Angka romawi menunjukkan minggu ke-
F. Penghargaan
Pemenang akan mendapatkan piala, piagam penghargaan, serta
hadiah dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.
94G. Kriteria dan Format Penilaian

FORMAT PENILAIAN NASKAH LKTIM
Perguruan Tinggi : …………………………………………………………..
Fakultas/Program Studi : …………………………………………………………..
Judul Karya Tulis : …………………………………………………………..
Tim Lomba : …………………………………………………………..
1. Nama Ketua Tim Lomba : …………………………………………………………..
2. Anggota : …………………………………………………………..
Bidang Kajian : …………………………………………………………..
No Kriteria Penilaian
Parameter Penilaian Bobot
(%)
Skor Nilai
1 Format Karya Tulis
- Tata tulis: ukuran kertas, kerapihan
ketik, tata letak, jumlah halaman.
- Penyajian: sistematika tulisan,
ragam bahasa ilmiah, ketepatan dan
kejelasan ungkapan,
10
2
Kreativitas dan
Inovatif
Topik/Gagasan
- Relevansi topik dengan tema
- Keunikan dan Keaktualitasan
25
3
Kebermanfaatan/Ko
ntribusi
- Nilai tambah keilmuwan
- Nilai tambah bagi
kerjasama/pragmatis
- Nilai tambah dalam pemecahan
masalah pembangunan daerah
20
4
Data dan Sumber
Informasi
- Relevansi data dan infrormsi yang
diacu
- Keakuratan dan integritas data dan
informasi
- Kemampuan menghubungakan
berbagai data dan informasi
15
5
Pembahasan,
simpulan, serta
Transfer Gagasan
- Kemampuan Menganalisis dan
mensintesis pembahasan serta
merumuskan simpulan
- Prediksi transfer gagasan dan proses
adopsi
20
6. Keterkaitan Program Keterkaitan Proposal dengan program
Pembangunan Pendidikan Jawa Tengah
10
JUMLAH 100
- Setiap kriteria diberi skor : 1 (sangat kurang), 2 (kurang), 4 (baik) dan 5 (sangat baik)
- Minimal nilai total lulus : 350
Catatan Penilai : ……………………………………………………………………………
..............………………………………………………………………
Penilai,
...........................
95Nilai = Bobot x skor
*) Coret yang tidak perlu
FORMAT PENILAIAN PRESENTASI LKTM
Perguruan Tinggi : …………………………………………………………..
Fakultas/Program Studi : …………………………………………………………..
Judul Karya Tulis : …………………………………………………………..
Tim Lomba : …………………………………………………………..
1. Nama Ketua Tim Lomba : …………………………………………………………..
2. Anggota : ……………......................................................
Bidang Kajian …………………………………………………………..
No. Kriteria Penilaian
(KP)
Bobot
(B)
Skor
(S)
Nilai
(N)
1. Penyajian/Presentasi (maksimal 10 menit)
- Sistematikan Penyajian dan Isi
- Alat Bantu/Media Penyajian: OHP.
LCD, tape recorder dll.
- Penggunaan Ragam Bahasa Tutur
yang Baku
- Sikap/Cara Presentasi
- Ketepatan waktu
40
2. Tanya Jawab (maksimal 20 menit)
- Penguasaan materi
- Kebenaran dan Ketepatan Jawaban
- Sikap/Cara Menjawab
- Keterbukaan Peserta dalam Tanya
Jawab.
60
NILAI TOTAL 100
Catatan :
- Skor setiap kriteria : 1 (sangat kurang), 2 (kurang), 4 (baik) dan
5 (sangat baik)
- Minimal nilai total : 350
…………..,…………………………………
Juri,
…………………..
96FORMAT PENILAIAN AKHIR LKTIM
Perguruan Tinggi :
……………………………………………………………..
Fakultas/Program Studi :
…………………………………………………………………
Judul Karya Tulis :
…………………………………………………………………
Tim Lomba :
…………………………………………………………………
1. Nama Ketua Tim Lomba :
…………………………………………………………………
2. Anggota : ……………......................................................
Bidang Kajian :
…………………………………………………………………
No. Kriteria Penilaian
(KP)
Nilai
(N)
1. Nilai Naskah Karya Tulis LKTIM (60 %)
2. Nilai Presentasi LKTIM (40%)
NILAI TOTAL (100%)
………………,
………………………………
Juri,
………………………………………
…………
97BAB III
PENYUSUNAN NASKAH
LOMBA KARYA TULIS INOVATIF MAHASISWA
A. Pengiriman Naskah
1. Naskah ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia ragam ilmiah
yang berisi ide/gagasan bersifat inovatif produktif tidak harus sesuai
dengan bidang keilmuan penulisnya.
2. Naskah ditulis minimal 20 halaman dan maksimal 30 halaman (tidak
termasuk halaman judul, prakata, daftar isi, daftar tabel, Abstrak).
3. Naskah merupakan karya asli dan belum pernah dipublikasikan/
diikutsertakan dalam lomba lain.
4. Naskah diketik rapi pada kertas HVS kuarto dengan jarak 1,5 spasi,
font size 12, huruf Times New Roman Style, dengan batas pengetikan:
samping kiri 4 cm, samping kanan 3 cm, batas atas 4 cm dan batas
bawah 3 cm, batas pengetikan 2 cm pada bagian bawah.
5. Naskah dijilid bersampul biru muda yang pada sudut kanan atas
naskah ditulis bidang kajian yang diikuti.
6. Naskah rangkap 5 (lima) dapat dikirim langsung atau melalui pos ke
alamat Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Up. KaBidang PNF-
PT Jalan Pemuda 134 Semarang Telepon/Faximili (024) 3520071
paling lambat 16 Juni 2009 (cap pos). Alamat pengiriman:
B. Sistematika Naskah Karya Tulis Inovatif Mahasiswa
Sistematika penulisan naskah Karya Tulis Inovatif Mahasiswa
sebagai berikut ini:
98
KEPALA DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA
TENGAH
U.p. BIDANG PNF-PT
Jl. Pemuda Nomor 134 telp. (024) 3520071
Semarang Jawa Tengaha. Halaman judul
Halaman judul menyajikan: bidang kajian, logo Perguruan Tinggi,
judul, nama penulis, tujuan LKTIM, nama perguruan tinggi, kota, bulan
dan tahun.
b. Abstrak
Abstrak berisi uraian singkat karya tulis ilmiah yang meliputi: latar
belakang, tujuan, manfaat, metode penulisan, hasil dan saran yang
direkomendasikan. Abstrak ditulis 1 spasi, maksimal 300 kata.
c. Kata Pengantar.
d. Daftar isi.
e. Daftar lain (Jika ada. Misal: Daftar Tabel, Daftar Grafik, Daftar Gambar
dll)
f. Bab I Pendahuluan
Pendahuluan berisi: latar belakang, rumusan masalah, tujuan
penulisan, manfaat penulisan, sistematika penulisan.
g. Bab II Tinjauan Pustaka
Tinjauan pustaka merupakan kerangka konseptual berisi
batasan/konsep/teori yang mendukung penulisan yang dapat diperoleh
dari jurnal penelitian, buku, atau sumber-sumber lainnya.
h. Bab III Metode Penulisan berisi
Metode penulisan menyajikan langkah-langkah/prosedur yang benar
yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah yang menguraikan
secara cermat cara/metode pengumpulan informasi dan atau data,
analisis informasi dan atau data, penarikan simpulan, serta
merumuskan saran. Metode penulisan dapat mencakupi: pendekatan
penulisan, sumber penulisan, sasaran penulisan, tahapan penulisan.
i. Bab IV Pembahasan
Uraian hasil kajian, temuan, ide pengembangan yang sesuai dengan
rumusan masalah dan tujuan.
j. Bab V Penutup
Penutup berisi simpulan dan saran yang direkomendasi.
k. Daftar Pustaka
Referensi/sumber acuan yang digunakan dalam karya tulis ilmiah.
l. Lampiran-lampiran
Biodata peserta terdiri atas: nama, tempat dan tanggal lahir, NIM,
jurusan/prodi/fakultas, perguruan tinggi, prestasi/penghargaan dalam
menulis. Foto kopi Kartu Mahasiswa/KTM yang masih berlaku.
Lampiran lain yang diperlukan.
99C. Sampul/Cover depan Naskah LKTIM
Sampul/Cover depan naskah LKIP yaitu biru muda yang dibuat
sebagai berikut ini.
100
LOGO
PERGURUAN TINGGI
………………JUDUL LKTIM………………
diajukan untuk mengikuti LKTIM bagi Mahasiswa
Provinsi Jawa Tengah
Tahun 2009
TIM :
........................
Dibiayai oleh Dinas Pendidikan
Provinsi Jawa Tengah
Tahun Anggaran 2009
UNIVERSITAS/INSTITUT/SEKOLAH
TINGGI/AKADEMI/POLITEKNIK
2009
Bidang KajianD. Halaman Pengesahan LKTIM
Halaman pengesahan dibuat sebagai berikut ini.
LEMBAR PENGESAHAN
LOMBA KARYA TULIS INOVATIF MAHASISWA
1. Judul Naskah : ……………………………………….
2. Bidang Kajian : ……………………………………….
3. Ketua Tim
a. Nama Lengkap : ……………………………………….
b. NIM/NRM : ……………………………………….
c. Jurusan/Fakultas : ………….…………………………….
d. Universitas/Institut/Politeknik : ……………………………………….
e. Alamat Rumah/Telepon/Faximili : ……………………………………….
f. e-mail : ………………………………………..
4. Anggota Tim : ………………………………….......
5. Dosen Pembimbing
a. Nama Lengkap dan Gelar : ……………………………………….
b. NIP : ……………………………………….
….……….., …………………..
Menyetujui:
Dosen Pembimbing, Ketua Tim,
………………………….. …………………………………
NIP.……………………. NIM/NRM …………………….
Mengetahui:
Pembantu/Wakil Rektor Bidang
Kemahasiswaan/Direktur Politeknik/
Ketua Sekolah Tinggi,
…….……. …………………………..
NIP ……………....…………………
101E. Abstrak
Abstrak dibuat sebagai berikut ini.
PEMANFAATAN LIMBAH SENGON
SEBAGAI BAHAN PEREDAM KEBISINGAN
Moh. Saefudin, Ikhsan Khakim
Dosen Pembimbing: Heri Yudiono, MT
Jurusan Xxx, Fakultas Xxx, Universitas Xxx, Kota
Abstrak
xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
x
xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
xx
Kata Kunci: Limbah sengon, peredam kebisingan, sel alternator
102


Muhammad Noor Ahsin

Mahasiswa Universitas Negeri Semarang

Tidak ada komentar: