Senin, 14 November 2011

Persiapan Pentas Teater MA NU TBS

Beberapa siswa kelas XI D melakukan latihan pentas teater pada hari Selasa, 15 November 2011 di ruang multi media lantai III MA NU TBS Kudus. Mereka berkumpul tiap kelompoknya masing-masing untuk membahas persiapan pentas teater.

Dalam satu kelas saya bagi menjadi empat kelompok. Tiap kelompok berjumlah sekitar 10 orang. Dalam satu kelompok ada yang jadi sutradara, pemain, seksi perlengkapan dan sebagainya. Beberapa siswa yang jadi pemain naskah drama ada yang sedang berlatih vokal, dialog, gerakan tubuh ketika pentas dan lain-lain. Tampak dari mereka sangat menikmati latihan tersebut.

Sebenarnya pentas ini merupakan tugas akhir semester mata pelajaran sastra. Yaitu tugas praktik. Sebelumya mereka saya beri penjelasan tentang materi pementasan drama. Selain itu manyaksikan contoh video pemantasan drama dan sebagainya.

Harapan dari tugas ini siswa akan mendapatkan pengalaman langsung dalam bermain teater atau drama. Praktik langsung itu dirasa sangat penting. Karena dengan praktik mereka lebih memahami dan merasa mampu mengaplikasikan ilmu sastra yang diperoleh.

Pementasan awal untuk kelas XI D akan dilaksanakan pada hari Selasa, 22 November 2011. pada hari selasa nanti kelompok yang akan pentas yaitu kelompok 1 dan kelompk 2. kelompok satu di sutradarai oleh Faiq Zamzami. Sedangkan kelompok 2 disutrasdarai oleh yahya Abdul Hanif.
Untuk kelompok 3 dan kelompok 4 rencananya akan dilaksanakan pada hari Kamis, 24 November 2011. kelompok 3 disutradarai oleh Sirrul Wafa. Sedangkan kelompok 4 disutradarai oleh Abidirouf Asmawi.


Oleh Muhammad Noor Ahsin

Tidak ada komentar: