Selasa, 03 Mei 2011

Rezim Inovasi Teknologi dan Kesuksesan


Dewasa ini, orang yang bekerja di ranah teknologi sangatlah banyak. Mulai dari teknologi internet, otomotif, Handphone, printer, LCD, media teknologi pembelajaran sekolah dan sebagainya.

Hobi orang yang menyukai teknologi juga dapat menuntungkan dan bisa sukses. Karena orang hidup tentunya berharap menginginkan kesuksesan. Hidup bisa dikatakan merupakan sebuah pengorbanan meraih hasrat atau keinginan. Tanpa adanya keinginan atau cita-cita manusia tak akan bisa berkembang menjadi pribadi yang sukes. Cita-cita merupakan sebuah pemantik meraih tujuan yang ingin digapai manusia. Dengan kata lain, sebuah keinginan tanpa adanya tujuan yang jelas sungguh mustahil kita bisa meraihnya.

Pernyataan tersebut kiranya sangat beralasan. Kita tentu memahami, sebuah usaha merupakan jalan menuju sebuah tujuan atau keinginan hidup. Dengan kerja keras manusia bisa mendapatkan segala hal yang diimpikan sebelumnya. Banyak cara yang dilakukan orang menuju kesuksesan, entah itu sukses dunia maupun akhirat. Selama kita masih mempunyai mimpi dan keinginan yang kuat, cita-cita apapun pasti bisa diraih.

Untuk itu, mimpi, gagasan, cita-cita besar, dan imajinasi perlu dibangun di setiap jenjang pendidikan. Dalam dunia pendidikan, yang menjadi bahasan mendasar sekarang adalah, bagaimana dunia pendidikan Indonesia diharapkan tidak hanya mampu menciptakan lulusan yang cerdas IQ-nya saja tetapi juga cerdas dari sisi Emotional, Spiritual, dan Sosial Quotient-nya serta berdaya saing tinggi. Segala harapan dan impian besar tersebut bisa saja terwujud, asal ada keinginan, semangat yang tinggi untuk meraihnya, dan kerjasama berbagai pihak.

Dalam etika percaturan global, setiap individu dituntut untuk berkompetisi secara fair dalam mendapatkan apa yang diinginkan. Individu yang belum siap mengatur strategi tentu akan tersingkir di panggung kompetisi, baik tingkat lokal maupun global. Menurut Gary Hamel, Sesungguhnya kompetisi yang terjadi saat ini tidak lagi antarindividu atau antarbangsa melainkan antar rezim inovasi teknologi dan kreativitas.


Kreativitas dan Inovasi Teknologi

Memang tidak dapat dimungkiri bahwa bangsa-bangsa di dunia ini bergerak beriringan dalam pusaran inovasi. Entah itu inovasi budaya, pendidikan, ilmu pengetahuan, maupun teknologi komunikasi. Dengan inovasi manusia mampu melahirkan berbagai macam ide brilian dan kreativitas ke dalam ranah yang digeluti.

Kreativitas dan inovasi teknologi yang dilakukan oleh manusia merupakan sebuah laku intelektual dengan kecerdasan nalar manusia untuk menciptakan sebuah hal baru yang berguna bagi manusia. Dengan menciptakan ide atau inovasi yang bermanfaat kita tentu bisa dikatakan berguna. Dalam islam, sebaik-baiknya manusia adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain.

Oleh karena itu jadilah orang yang bermanfat bukan untuk diri kita tapi juga orang lain. Orang yang bermanfat tentu jaminannya adalah surga.
Untuk itu, kuasailah teknologi. Dengan teknologi dan inovasi, masyarakat indonesia semoga lebih maju dan berjaya. Penguasaan teknologi merupakan sebuah tantangan yang harus dijadikan prioritas pemerintah untuk kemajuan pendidikan dan kemajuan bangsa Indonesia.



(Tulisan di atas pernah dimuat di bulein El-Insyaet, terbit pada bulan Maret 2011)

Oleh Muhammad Noor Ahsin, S.Pd.
Guru MA NU TBS Kudus

Tidak ada komentar: