Selasa, 03 Mei 2011

Google Maps dan Manfaat Bagi Pembelajaraan


Kalau pada masa dahulu jika orang ingin mengetahui keberadaan keluarganya, tamannya, atau yang lain, mereka pergi ke dukun atau para normal untuk bertanya di mana keberadaan mereka. Tapi sekarang di masa modern saat ini kita bisa bertanya kepada Si Dukun yang amat terkenal di seluruh benua, beliau adalah Syeh Empu Google Maps. Demikianlah penulis menyebut sebutan program Google Maps dengan tambahan “Syeh”.

Memang diakui bahwa, fasilitas program internet, salah satunya Syeh Google Maps mempunyai manfaat yang banyak. Program tersebut dapat mengetahui keberaadaan letak rumah, orang, hewan dan lain sebagainya.

Bagi dunia pendidikan Syeh Goole mempunyai manfaat yang tidak sedikit. Mata pelajaran yang erat dengan pemanfaatan google map adalah pelajaran geoggrafi, sejarah sosial dan sebagainya. Dengan program tersebut siswa dapat mengatahui struktur bumi letak garis bujur, garis lintang dan sebagainya. Siswa juga dapat mengidentifikasi nama daerah, jalan, rumah, kota-kota di berbagai pelosok wilayah di belahan dunia mana pun.

Semisal di ruang kelas atau ruang multi media sekolah di Kudus ada komputer dan LCD yang tersebung internet, maka untuk pelajaran geoggrafi dan sebagainya ketika guru menjelaskan tentang daerah tempat sesuatu semisal menara kudus dilihat dari satelit, atau ke Mekkah, Kairo, London, Hawai, Bali dan sebagainya guru dapat langsung menunjukkan letaknya dengan bantuan program google maps.

Jika ini dipraktekkan, pembelajaran di kelas tentu akan lebih menarik. Ketika siswa tertarik dengan pembelajaran di kelas, tentu akan berbanding lurus dengan pemahaman siswa akan materi pelajaran yang disampaikan oleh Guru.


Pemahaman Guru Terhadap Teknologi

Hai itu dapat terwujud tentuntya harus ditunjang dengan peralatan Teknologi dan pemahaman guru di sekolah akan kemampuan penggunaan alat-alat teknologi pembelajaran. Jadi teknologi informasi dan internet merupakan suatu kebutuhan yang dirasa amat penting bagi dunia pendidikan di Indonesia.
Perlu diketahui bahwa pada program google Map versi sebelumnya hanya bisa melihat peta dalam model digital atau via satelit, tapi sekarang pengguna google maps juga bisa memantau lokasi teman secara real time. Bahkan sekaligus bisa berbagi status message layaknya chatting.

Demikianlah salah satu manfaat dari syeh google Maps. Di blog saya ini di bagian bawah juga saya fasilitasi dengan program google Maps. Pembaca dan pengunjung blog saya ini dapat menggunakan faslitas ini. Semoga aplikasi tersebut dapat bermanfaat. Untuk itu, Mengingat betapa pentingnya program tersebut bagi dunia pendidikan, guru dan siswa hendaknya terus belajar untuk memahami dan menerapkannya dalah menunjang pembelajaran di sekolah supaya pembelajaran lebih menarik.



Oleh Muhammad Noor Ahsin, S.Pd.
Penikmat dan Pengguna Teknologi,
Guru MA NU TBS Kudus

Tidak ada komentar: